AD (728x90)

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 18 Mei 2014

KOMUNIKASI DATA SERIAL

Share it Please
KOMUNIKASI DATA
n  Komunikasi Data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan dalam bentuk isyarat digital.
n  Komunikasi data merupakan bagian yang sangat penting dari suatu informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.
Komponen Komunikasi Data
n  Pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data
n  Penerima, adalah piranti yang menerima data
n  Data, adalah informasi yang akan dipindahkan, dalam proses komunikasi Data, data berbentuk isyarat digital
n  Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
n  Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan.
Komunikasi serial
n  ialah pengiriman data secara serial (data dikirim satu persatu secara berurutan), sehingga lebih lambat daripada komunikasi paralel.
n  Serial port lebih sulit ditangani karena peralatan yang dihubungkan ke serial port harus berkomunikasi dengan menggunakan transmisi serial, sedang data di komputer diolah secara paralel.
n  Perlu menggunakan Universal Asyncronous Receiver Transmitter (UART), agar bisa mengubah dari serial ke paralel dan sebaliknya.
Kelebihan Komunikasi Serial
1.      Kabel untuk komunikasi serial bisa lebih panjang dibandingkan dengan paralel;
Logika '1' : -3 s/d -25 volt
Logika '0' : +3 s/d +25 volt

Ayunan tegangan maksimum 50 volt, sedangkan pada komunikasi paralel hanya 5 volt. Hal ini menyebabkan gangguan pada kabel-kabel panjang lebih mudah diatasi dibandingkan pada parallel
  1. Jumlah kabel serial lebih sedikit;
Anda bisa menghubungkan dua perangkat komputer yang berjauhan dengan hanya 3 kabel untuk konfigurasi null modem, yaitu TXD (saluran kirim), RXD(saluran terima) dan Ground,
3.      Saat ini penggunaan mikrokontroller semakin populer. Kebanyakan mikrokontroller sudah dilengkapi dengan SCI (Serial Communication Interface) yang dapat digunakan untuk komunikasi dengan port serial komputer.




Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

© 2013 Kumpulan Materiku. All rights resevered. Designed by Templateism